Efek Background pada Photoshop

Imu Grafis Tutorial Desain Membuat Efek Background pada Photoshop bisa juga untuk undangan perkawinan, undangan tasyakuran, undangan khitanan, undangan haul khoul dan undangan lainnya. Atau juga bisa digunakan untuk segala kebutuhan desain yang membutuhkan background artistik. Pada artikel tutorial photoshopkali ini, saya akan membahas tentang salah cara membuat undangan pernikahan, sesuai dengan permintaan dari beberapa teman. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah yang sifatnya umum.

Pengertian umum disini maksudnya bahwa saya tidak akan membahas tentang cara pembuatan gambar-gambarnya, karena untuk membuat gambar / desain tergantung pada kemampuan pembuatnya sendiri.

Kemampuan disini berarti bahwa agar kita bisa membuat sebuah gambar desain, kita harus mempunyai kreativitas, dan imajinasi. Dan tentu saja pemahaman atas tool-tool atau tehnik pada photoshop. Dari beberapa tutorial yang pernah saya bahas di website Belajar Tutorial Photoshop ini, sebenarnya sudah mencukupi untuk membuat sebuah gambar desain. Anda bisa menerapkan pemahaman Anda tentang pembuatan seleksi, olah foto, cara menggabung gambar, mengganti warna, menambah brush dan tutorial photoshop lainnya.

Background undangan pernikahan tersedia banyak pilihan termasuk jenis dan ukuran yang bisa Anda dapatkan Disini. Saya akan mencontohkan memasukkan background undangan pernikahan yang ada pada artikel berikut..

Cara Membuat Background Undangan Pernikahan

Step 1

Download template pattern undangan yang ada Disini.

Step 2

Buat dokumen baru sesuai dengan ukuran undangan pernikahan. Klik Menu File > New atau tekan shortcut keyboard Ctrl N. Kemudian klik menu Layer > New > Layer. Namai layer tersebut dengan nama Background Image, tekan OK.

Step 3

Warnai layer tersebut dengan warna apa saja, sesuai yang Anda inginkan. Saya memilih warna merah tua # 560404 yang berkesan glamour dan jadul. Cranya tekan menu Edit > Fill > Color. Ganti #… menjadi #560404 atau tekan pada warna yang Anda inginkan.

Membuat Background Undangan Pernikahan

Step 4

Double klik file *.pat untuk memasukkan pattern ke dalam phtoshop. Langkah ini akan membuka adobe photoshop secara otomatis, apapun versinya. Jika tidak langsung membuka otomatis, maka load pattern tersebut secara manual. Caranya klik Menu Edit > Preset manager. Pilih Pattern, kemudian tekan tombol load. Cari dimana pattern yang sudah Anda download sebelumnya. Akhiri dengan Menekan OK.

Background Undangan Pernikahan

Step 5

Klik kanan pada layer background images yang sudah kita buat sebelumnya, pilih Blending options. Lanjutkan dengan memilih Pattern Overlay. Klik pada ikon pattern overlay yang ada di tengah berwarna biru gelombang, lalu akan muncul dropdown menu. Akhirnya Pilih pattern yang Anda inginkan, disini saya memakai pattern undangan pernikahan dari ahlidesain.com

Background Undangan Pernikahan

Step 6

Sambil melihat ukuran pattern yang sudah muncul pada lembar kerja Anda, ubah ukuran sesuai dengan yang Anda inginkan.

Background Undangan Pernikahan

Ini hasil yang saya dapatkan setelah mengedit hanya dengan menambah sedikit langkah.

Background Undangan Pernikahan

SELAMAT MENCOBA DAN TERIMA KASIH

By: Ahmad Jazir Burhan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s