Tutorial Memulai Photoshop

Ilmu Grafis Belajar Tutorial Memulai Photoshop adalah rangkaian langkah-langkah bagi pemula yg ingin mempelajari mulai dari awal berisi panduan dasar menggunakan software desain grafis photoshop. Seperti perangkat lunak lainnya, untuk membuat suatu dokumen baru adalah menggunakan perintah File > New atau shortcut Ctrl + N. Kita perlu mengatur manual parameter dokumen tersebut agar sesuai dengan kebutuhan.

Pengaturan ini penting karena natinya akan mempengaruhi keseluruhan proses yang akan dijalankan pada photoshop, apa saja kegunaan pengaturan pada photoshop tersebut ?

  1. Menyesuaikan ukuran kertas cetak, sehingga pada saat proses cetak sudah sesuai dengan ukuran.
    Banyak orang menyangka bahwa gambar kecil (ukuran panjang dan lebar ) akan sama hasilnya jika diperbesar ( trasformasi / stretching ) saat dicetak. Dan parahnya adalah ini terjadi tanpa disadari. Bahkan gambar besar yang diperkecil ( trasformasi / stretching / image size / canvas size ) saja seringkali mengalami blur, kehilangan kualitas aslinya dan kesalahan transformasi jadi gepeng.
    Saya katakan blur sebenarnya sangat jarang terjadi, namun itu hal yang nyata adanya. Seperti pada saat edit pattern / background gambar dengan ukuran 500 di ubah menjadi 99%, misalnya. Hal ini terjadi karena ada titik warna / pixel yang hilang dan akhirnya ada proses penyama-rataan yang kurang baik.
  2. Berkaitan dengan kualitas ( resolusi ) gambar
    Resolusi disini maksudnya adalah jumlah titik warna dalam satuan tertentu. Semakin banyak titik warna maka ketajaman gambar semakin baik. Resolusi ini ada karena photoshop bekerja pada lingkungan bitmap / titik warna. Baca artikel perbedaan bitmap dan vektor untuk memahami lebih lanjut.

Kembali pada topik memulai belajar photoshop, membuka photoshop dengan cara dobel klik ikon photoshop pada desktop atau klik Start > All Program > Adobe Photoshop ( Versi ) sudah pasti Anda ketahui. Sekarang kita sudah harus berada pada tampilan awal photoshop. Versi photoshop ada banyak namun kesemuanya memiliki kemiripan dalam tampilan awal, jadi Anda tidak perlu ragu untuk klik menu File > New atau shortcut CTRL + N. Maka muncul dialog box New Document.Tutorial Memulai Photoshop

Penjelasan masing-masing bagian

  1. Name: Nama file yang akan kita buat
  2. Preset : Ukuran dokumen yang sudah ada di Photoshop, seperti layaknya template. Anda bisa juga menyimpan preset yang sudah Anda atur sedemikian rupa sebagai template Anda sendiri dengan cara klik tombol save preset.
  3. Width dan Heigth : Ukuran panjang dan lebar dokumen dengan satuan pixels, inches, cm, mm, points atau picas
  4. Resolution : Jumlah titik warna / pixel dalam satu satuan ukuran, biasa dikenal dengan resolusi gambar.
  5. Color mode : Jenis mode warna, yang bisa kita pilih adalah: bitmap, grayscale, RGB color, CMYK color atau lab color. Secara umum biasa dipakai RGB.
  6. Background contents : Background dokumen. Kita bisa memilih putih, berwarna atau transparan.
  7. Device central ( mulai dikenal pada photoshop versi CS3) digunakan untuk mengakses pembuatan gambar dengan ukuran handphone dan alat digital lainnya.
  8. Delete preset digunakan untuk menghapus preset yang sudah Anda buat.
  9. Untuk pilihan advanced tidak perlu diubah-ubah jika Anda adalah seorang pemula.

Untuk gambar yang ingin dicetak sebaiknya menggunakan resolusi 150 px/cm ke atas, studio foto biasa menggunakan 300 px/cm. Jika untuk gambar digital, misalnya untuk wallpaper gunakan ukuran 150 px/cm, umum dipakai adalah 72 px/cm. Jika semua pengaturan dirasa cukup tekan tombol OK. Anda akan mendapatkan lembar kerja baru sesuai dengan yang anda inginkan.

Tutorial Memulai PhotoshopNah, tutorial di atas adalah untuk membuat dokumen baru. Lantas bagaimana untuk mengambil gambar dari explorer ke lembar kerja photoshop…? Caranya klik Menu File > Open. Cari dimana gambar Anda taruh, pilih dan klik OK. Atau masuk ke explorer, cari dimana file gambar anda taruh, klik dan geser arahkan ke taskbar photoshop sampai lembar kerja photoshop terbuka, lepaskan ( drop ) maka gambar sudah bisa di edit.

Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti  Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahmadjazirburhan RSS Feed.

Bila ada yang ditanyakan silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s