Tutorial Photoshop Membuka Dokumen

Ilmu Grafis Desain Belajar Tutorial Photoshop Membuka Dokumen memasukkan gambar foto format bitmap & vector dapat dilakukan dengan beberapa cara pada photoshop. Jadi ada dua point utama disini, yaitu : membuka dengan beberapa cara dan format gambar yang bermacam-macam pula. Apa saja cara-cara membuka dokumen pada photoshop dan format apa yang bisa dibuka oleh photoshop..?

Tutorial photoshop ini ditujukan bagi pemula yang berminat belajar photoshop mulai dari awal. Perlu diketahui cara membuka photoshop untuk versi 7 ke atas termasuk photoshop cs3 dan cs5 mempunyai kemiripan meski disetiap ada versi terbaru maka akan ada penambahan fungsi baru dan tool yang baru pula.

Sebelum kita mengolah gambar atau edit foto pada photoshop kita selalu harus melakukan satu proses yang disebut memasukkan gambar atau membuka dokumen ke dalam lembar kerja / workspace photoshop. Setelah gambar atau foto sudah masuk ke dalam lembar kerja barulah kita bisa melakukan proses selanjutnya, seperti sekedar memutihkan kulit atau menghilangkan jerawat dengan photoshop.

Format gambar apa saja yang bisa dibuka dengan photoshop..?

Format Bitmap
Format gambar bitmap sudah umum dan hampir semuanya bisa dimasukkan dalam lembar kerja photoshop. Perlu diketahui bahwa photoshop bekerja dengan titik piksel yang merupakan pembentuk format bitmap. Format bitmap diantaranya :

  1. PSD
  2. JPG
  3. PNG
  4. BMP
  5. TGA
  6. TIFF
  7. GIF
  8. dan lain sebagainya (lihat via File > open. Format file).

Format Vektor
Format gambar vektor yang bisa dimasukkan dalam lembar kerja photoshop adalah format EPS.

Cara Membuka Dokumen pada Photoshsop

Cara 1
Buka software photoshop kemudian klik menu File > Open [ CTRL+O ]. Kemudian cari dimana gambar yang akan dibuka. Klik OK

Tutorial Photoshop Membuka Dokumen

Cara 2
Buka software photoshop kemudian masuk ke windows explorer. Cari dimana gambar yang akan dimasukkan dalam photoshop. Klik pada gambar kemudian geser ke taskbar photoshop sampai workspace muncul, letakkan gambarnya dengan drop.

Tutorial Photoshop Membuka Dokumen

Cara 3
Buka Windows explorer kemudian cari gambar yang akan dibuka dengan photoshop. Klik kanan pada gambar terpilih > open with > adobe photoshop. Jika tidak ada maka pilih choose program, kemudian cari dan klik adobe photoshop, klik Ok.

Cara 4
Buka software photoshop kemudian double klik pada tengah-tengah lembar kerja photoshop ( biasanya berwarna abu2 tua ). Kemudian cari dimana gambar yang akan dibuka. Klik OK.

Ada satu lagi cara memasukkan format file yang tidak bisa secara langsung dibuka dengan photoshop, yaitu dengan cara membuat dokumen baru pada photoshop kemudian klik menu File > Place. Dengan cara ini format file vektor seperti ai dan juga eps bisa dimasukkan dalam lembar kerja photoshop.

Demikian tutorial photoshop pemula ini, semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti  Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahmadjazirburhan RSS Feed.

Bila ada yang ditanyakan silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

2 thoughts on “Tutorial Photoshop Membuka Dokumen

  1. jana mengatakan:

    Mas.. ada trik untuk drag sekaligus misal 10 file jpg dari explorer..
    ke satu workspace di photoshop…

    jadi di photoshop nya hanya ada satu file bukan 10 file jpg itu..
    tks.. ditunggu responnya… boleh via email..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s