Tutorial Photoshop Seleksi Kotak dengan Ukuran Tertentu

Ilmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Seleksi Kotak dengan Ukuran Tertentu sangat diperlukan saat pembuatan web desain. Seleksi photoshopini mengijinkan kita untuk mengetahui secara pasti ukuran yang dibuat berdasarkan seleksi. Beberapa web desain dengan ukuran fixed ( ukuran pasti ) dibuat berdasarkan ukuran yang pasti pula, nah menggunakan cara ini tentu Anda akan terbantu saat membuat web desain tersebut bukan ?

Tidak terbatas pada web desain itu saja, cara ini juga bisa juga dipakai saat membuat frame dengan ukuran pasti. Kita tahu bahwa sangat sulit mencapai ukuran pasti saat menggunakan mode normal menggunakan marquee untuk membuat frame yang tepat sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Misalnya ukuran frame adalah 5 pixel. Dengan cara biasa ( normal ), kita tidak tahu secara pasti hasil yang diperoleh saat klik drag untuk membuat frame.

Ilustrasi tersebut di atas hanya sebagian contoh yang biasa dipakai saat berhadapan dengan kondisi bahwa ukuran menjadi pokok permasalahan. Dalam mengetahui perbedaan pasti, tentunya Anda wajib mempraktekkan dan membandingkan sendiri untuk memahami apa yang saya bicarakan disini.

Tutorial Photoshop ini bisa dilakukan dengan tool seleksi yang berada di Marque dan Lasso groups tool. Sebagai contoh saya akan menuliskan tutorial ini menggunakan Rectangular Marquee Tool yang biasa digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk persegi.

Cara Membuat Seleksi Kotak dengan Ukuran Tertentu

Langkah 1
Pilih Rectangular Marque tool [ M ] yang ada di tool box.

Langkah 2
Atur preferensi pada option bar. Pada kotak pilihan Style, terdapat tiga pilihan, yaitu: Normal, Fixed Aspect Ratio, dan Fixed Size.

Pilihan Normal adalah pilihan default dan sudah biasa kita pakai saat menggunakan Photoshop.

Fixed Aspect Ratio digunakan jika kita ingin membuat seleksi kotak dalam perbandingan atau skala tertentu. Nilai perbandingannya bisa diisikan pada kotak isian Width dan Height. Isikan disini angka yang kita inginkan sebagai perbandingannya. Setelah itu, saat kita membuat seleksi, maka ukuran seleksi akan selalu sebesar perbandingan / skala yang kita tentukan. Cara seleksiTutorial Photoshop Seleksi Ukuran Tertentu

Fixed Size digunakan untuk membaut seleksi dengan ukuran pasti ( sesuai ukuran dengan pengaturan ). Ukuran yang tersedia adalah satuan pixel, centimeter, inchi, milimeter, picas, point, dan persen. Setelah kita menuliskan angka pada kotak isiannya, maka saat kita klik di gambar untuk membuat seleksi, seleksi pada photoshop tersebut pasti mempunyai ukuran yang sudah kita isikan tadi.Tutorial Photoshop Seleksi Ukuran Tertentu

Langkah 3
Lakukan seleksi seperti biasa, klik kemudian drag pada jendela kerja photoshop untuk fixed aspect ratio. Untuk seleksi mode fixed size hanya dengansekali klik sudah akan tercipta seleksi.

Notes : cara ini memang terlihat biasa, lumrah, umum dan kata-kata regular expression lainnya. Namun bisa Anda bayangkan potensi apa saja yang bisa dihasilkan menggunakan cara-cara tersebut di atas. Cari potensi apa saja yang bisa dihasilkan menggunakan cara ini dan mungkin Anda akan menemukan cara menjadi seorang desainer grafis yang handal yang tidak bertitle. Mahir menggunakan software, seperti photoshop tidak berarti bisa membuat sesuatu yang baik, berguna dan menarik. Seperti halnya batu yang tiada harganya akan menjadi mahal ditangan penjual yang baik. So mari kita mengaktualisasi kemampuan kita dan cari potensi karya desain tersebut, kita akan menyemarakkan dunia grafis tanah air.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s