Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Channel

Ilmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Channel ialah tutorial photoshop tentang cara membuat seleksi channel umum dipakai pada seleksi rambut. Teknikseperti ini akan dapat menghasilkan seleksi yang lebih akurat dibandingkan dengan tool pembuat seleksi biasa, seperti lasso dan magic wand. Namun cara pembuatannya akan lebih rumit dengan proses juga yang lebih lama.

Penggunaan channel tertumpu pada pencahayaan dan warna. Contoh jika warna biru ( warna yang ada pada channel ) lebih kontras maka kita akan membuatnya menjadi sebuah seleksi melalui pengubahan warna via Burn dan Dodge tool. Burn tool digunakan untuk membuat warna menjadi hitam pada bagian hitam dan dogde tool digunakan untuk mempercerah bagian yang cerah. Dengan metode ini maka akan ada perbedaan daerah bagian hitam dan putih. Bagian inilah yang digunakan menjadi sebuah seleksi.

Cara pembuatan seleksi dengan menggunakan Channel

Langkah 1
Buka gambar pada lebar kerja photoshop, kemudian buka panel channel yang ada pada group pallete layer. Jika tidak ada maka klik Menu Window > Channels.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Langkah 2
Pilih layer Channel yang paling kontras warnanya. Kontras disini maksudnya adalah kontras antara warna latar belakang / area diluar seleksi dengan obyek yang akan diseleksi. Pada gambar ini warna kontras adalah biru. Channel yang dipilih tidak selalu atau harus seperti contoh gambar ini, tapi tergantung dari kondisi foto yang akan Anda seleksi.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Langkah 3
Buat copy layer / duplikat layer channel yang paling kontras tersebut, dengan cara menarik layer ( klik, geser) channel ke arah icon Create New Channel.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Langkah 4
Buatlah agar Channel ini menjadi lebih kontras, berwarna hitam dan putih yang pekat.
Untuk membuat berwarna gelap:
Pilihlah Burn tool, dengan pengaturan Range = Shadow; Exposure kecil (tergantung kontras gambar, kontras tinggi maka exposure rendah), disapukan pada gambar.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan ChannelUntuk membuat berwarna putih:
Pilihlah Dodge tool, dengan pengaturan Range = Highlights; Exposure kecil, disapukan pada gambar.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan ChannelPada area gambar yang lain, bisa dengan menggunakan Brush tool yang disapukan dengan warna hitam dan putih ( Tekan keyboard D untuk membuat warna foreground dan background hitam dan putih). Untuk pindah foreground jadi background tekan keyboard X. Atau juga bisa menggunakan seleksi area menggunakan polygonal lasso tool kemudian diwarna sesuai dengan warna hitam dan putih.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Langkah 5
Buat seleksi dengan cara klik icon Load channel as selection atau bisa juga tekan CTRL+Klik pada layer blue copy.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Prinsip penggunaan channel adalah jika warnanya hitam akan menjadi daerah yang tidak terseleksi, sementara putih akan menjadi daerah seleksi. Karena kondisi gambar ini justru terbalik warnanya maka kita balik dulu dengan memilih menu Image > Adjustment > Inverse [ SHIFT+CTRL+I ]. Jika kondisi gambar tidak terbalik warnanya, langkah diatas tidak perlu dilakukan.

Klik nama Channel RGB agar warna menjadi normal, setelah itu Anda bisa kembali pada tampilan gambar pada layer, Anda bisa lihat seleksi dengan channel sudah dapat dilihat hasilnya.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Channel

Seleksi sudah jadi, siap digunakan sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s