Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Color Range

Ilmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Color Range adalah fungsi seleksi berdasarkan warna pada jendela photoshop aktif. Area yang warnanya sama/mirip akan diseleksi secara otomatis. Konsepnya sama dengan magic wand. Perbedaannya Magic Wand menyeleksi dengan cara klik dan terbatas pada warna yang tidak dikurung atau dibatasi oleh warna lainnya dalam layer aktif.

Color Range tidak terbatas pada layer tertentu, color range membuat seleksi dengan cara membedakan warna pada apa yang tampak pada jendela photoshop. Entah warna itu dibatasi oleh warna lain atau tidak, tetap saja bisa diseleksi. Nah inilah yang tidak bisa dilakukan oleh magic wand dengan satu kali proses.

Cara ini seringkali dipakai untuk menyeleksi gambar hasil sketsa yang di scan, seperti manga dan hasil gambar pensil ( sketsa ) seperti pada contoh tutorial ini.

Cara membuat seleksi dengan Color Range pada Photoshop

Langkah 1
Buka gambar yang akan diseleksi menggunakan color range pada area kerja photoshop. Sebagai bahan latihan gunakan source pict berikut. Pada gambar ini kita akan meyeleksi gambar berwarna hitam dan putih ( pada mata ).

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Color Range

Langkah 2
Klik Menu Select > Color Range. Setelah muncul kotak pilihan Color Range, arahkan mouse pointer Anda yang berubah menjadi eyedropper pada warna yang ingin diseleksi dalam hal ini warna oranye, Klik pointer Anda bidang gambar. pada area berwarna oranye tersebut. Warna pada bagian yang Anda klik tadi akan berubah menjadi warna putih di kotak dialog Color Range.Tutorial Photoshop Seleksi dengan Color Range

Ingat ! Area yang berwarna putih ini menunjukkan bahwa area tersebut akan dibuat menjadi seleksi. Usahakanlah untuk membuat area gambarnya berwarna hitam dan putih sesuai dengan area gambar yang akan diseleksi dengan mengatur fuzziness dan penambahan area seleksi via eyedropper bertanda plus ( khusus pada gambar yang mempunyai banyak warna ).

Langkah 3
Pada contoh ini yang dipilih adalah warna oranye karena warna ini yang dominan, sehingga untuk menyeleksi warna hitam dan putih ( pada mata ) nantinya akan di inverse. Untuk membuat inverse atau pembalikan seleksi klik Menu Select > Inverse [ CTRL + I ].

Langkah 4
Objek sudah terseleksi dengan benar maka yang bisa Anda lakukan adalah meng-copy objek terseleksi ( ingat layer wajib terpilih ), caranya adalah klik Menu Layer > New > Layer Via Copy [ CTRL+J ]. Anda sudah memiliki objek tersebut terpisah.Tutorial Photoshop Seleksi dengan Color Range

Langkah 5
Pilih layer background dan warnai dengan warna yang Anda suka dengan cara klik Menu Edit > Fill [ SHIFT + F5 ]. Atau dengan warna gradasi juga OK.

Terimah Kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s