Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Lasso Tool

Ilmu Grafis Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Lasso Tool sangat umum dilakukan untuk membuat seleksi objek tak beraturan pada saat olah foto dgn photoshop. Tool photoshopyang satu ini sangat powerfull dalam membuat sebuah seleksi, karena dapat menyeleksi dalam bentuk apapun seperti objek yang tak bertauran.

Tutorial Photoshop ini membahas tentang pembuatan dan penggunaan seleksi menggunakan lasso. Para pengguna photoshop sudah biasa menggunakan tool ini, namun karena dari beberapa pertanyaan yang saya terima, saya merasa ada beberapa teman para pembaca ahlidesain.com ini yang masih pengguna Photoshop pemula. Maka dari itu, saya membuat artikel dalam beberapa tutorial Photoshop dasar. Tutorial tersebut dibuat agar para pengguna Photoshop pemula yang membaca ahlidesain.com bisa mengikuti langkah-langkah dan memahami tutorial yang saya tulis dengan lebih mudah.

Seleksi photoshop pada dasarnya dibuat berbentuk melingkar ( ada titik awal dan akhir ), entah digunakan untuk membuat garis 1 px atau membuat bentuk tertentu. Sebagai contoh, pada saat menyeleksi wajah, maka tool seleksi tersebut harus melingkari wajah tersebut. Diawali dari dari titik satu dan diakhiri pada titik lainnya yang biasannya titik ini dibuat agar saling mendekati, sehingga area seleksi mirip dengan apa yang diinginkan. Seleksi ditandai dengan garis beranimasi seperti semut yang sedang berjalan beriringan. Seleksi bisa di simpan dan diambil kembali jika dibutuhkan.

Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi dengan cara menekan dan tahan tombol mouse, sambil digerakkan mengikuti bentuk gambar yang akan diseleksi (klik drag and drop ). Cocok digunakan untuk membuat seleksi yang tidak memerlukan bentuk yang akurat sehingga prosesnya cepat. Simple task, bisa dikatakan demikian. Beberapa fungsi seleksi yang rumit dan membutuhkan special treatment dilakukan menggunakan tool lain, seperti pada seleksi color range, seleksi channel dan quick selection tool. Bentuk hasil seleksi photoshop menggunakan lasso tool berupa melingkar.

Lasso Groups Tool dibagi menjadi 3 tool, yaitu :
1. Lasso Tool
2. Polygonal Lasso Tool
3. Magnetic Lasso Tool

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Lasso Tool

Cara Membuat Seleksi dengan Lasso Tool

Langkah 1
Untuk menerapkan tutorial ini sebaiknya Anda melakukan persis apa yang ada di langkah-langkah tutorial ( sebagai latihan dasar ), kemudian Anda bisa menerapkan ilmu dari tutorial ini dengan gambar lainnya. Buka dulu source latihan yang bisa di download pada link ini. Kemudian buka di jendela kerja photoshop.Tutorial Photoshop Seleksi dengan Lasso Tool

Langkah 2
Pilih lasso tool yang ada di toolbox.

Langkah 3
Atur preferensi yang mungkin bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi.

  1. New selection, digunakan untuk membuat seleksi baru saat klik mouse.
  2. Add to selection, digunakan untuk menambah / melebarkan area seleksi yang sudah ada.
  3. Substract from selection, digunakan untuk mengurangi / memotong area seleksi yang sudah ada.
  4. Intersect with selection, digunakan untuk membuat area seleksi baru berdasarkan perpotongan seleksi pertama dan kedua.
  5. Feather, berfungsi untuk mengatur transparansi pada tepi seleksi, tepian seleksi lebih halus.
  6. Klik pilihan anti-aliasing, berfungsi untuk mengurangi ujung seleksi yang bergerigi dan tidak rata.
  7. Refine edge, digunakan untuk mengatur / memperbaiki hasil seleksi yang sudah dibuat. Agar fungsi ini aktif maka Anda wajib sudah mempunyai seleksi.

Langkah 4
Klik mouse Anda dan geser mengelilingi objek (ingat! awal titik adalan akhir titik ). Seleksi sudah jadi, jika ingin memperbaiki seleksi seperti menambah seleksi pada area tertentu Anda bisa gunakan tombol shift ( muncul icon plus ) sambil klik dan geser. Untuk mengurangi seleksi pada area tertentu gunakan tombol keyboard ALT.

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Lasso ToolTips:
Pada waktu proses seleksi sedang berjalan, Anda bisa mengubah lasso tool menjadi Polygonal Lasso Tool dengan cara menekan tombol ALT dan tahan. Dengan cara ini objek dengan garis lurus dan melengkung masih bisa diseleksi menggunakan kombinasi keduanya.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s