Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Magnetic Lasso

Ilmu Grafis Desain Tutorial PhotoshopSeleksi Menggunakan Magnetic Lasso Tool bekerja secara cepat pada gambar dengan kontras tinggi. Keakuratan hasil seleksi tergantung dari kondisi gambar dan kepekaan tool ini sendiri. Tool ini menyeleksi dengan baik pada kartun berwarna yang kita tahu kontras warnanya tinggi.

Kalau menggunakan lasso tool tangan yang kurang terlatih ( pemula ) akan menghasilkan seleksi yang kurang memuaskan, seringkali buku-buku serta pergelangan terasa pegal pada saat proses seleksi dengan area yang besar. Pada magnetic lasso tool itu tak akan terjadi, proses seleksi mudah dilakukan. Tinggal klik diatas gambar yang akan kita seleksi, kemudian geser ( drag ) pointer mouse tanpa harus menekan tombol mouse terus-menerus walaupun sesekali kita bisa melakukan klik untuk membuat titik point tambahan.

Lasso Groups Tool dibagi menjadi di tool, yaitu :
1. Lasso Tool
2. Polygonal Lasso Tool
3. Magnetic Lasso Tool

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Magnetic Lasso Tool

Mengatur Preferensi Magnetic Lasso Photoshop

Mengatur preferensi digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan hasil seleksi yang akan dibuat. Nah, loh bingung kan. Maksudnya hasil seleksi dipengaruhi oleh pengaturan ini, contohnya tepian seleksi diperhalus, maka kita akan mengatur feather. Pengaturan ini ada bermacam-macam opsi yang bisa Anda lihat pada gambar berikut:

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Magnetic Lasso Tool

  1. New selection, digunakan untuk membuat seleksi baru saat klik mouse.
  2. Add to selection, digunakan untuk menambah / melebarkan area seleksi yang sudah ada.
  3. Substract from selection, digunakan untuk mengurangi / memotong area seleksi yang sudah ada.
  4. Intersect with selection, digunakan untuk membuat area seleksi baru berdasarkan perpotongan seleksi pertama dan kedua.
  5. Feather, berfungsi untuk mengatur transparansi pada tepi seleksi, tepian seleksi lebih halus.
  6. Klik pilihan anti-aliasing, berfungsi untuk mengurangi ujung seleksi yang bergerigi dan tidak rata.
  7. Atur ukuran Width, berfungsi untuk mengatur jarak antara tiap-tiap tepian seleksi yang dianggap sebagai jalur seleksi. Magnetic Lasso akan mendeteksi ujung dari garis yang masih berada dalam jangkauan pointer. Saya menyarankan untuk menggunakan nilai kecil pada pengaturan ini. Namun ini tidaklah baku, tergantung kondisi ( kontras dan ketajaman gambar ) gambar yang Anda seleksi.
  8. Atur ukuran Edges Contrast, berfungsi untuk mengatur seberapa kontras tingkat perbedaan warna yang akan dideteksi oleh Magnetic lasso sebagai tepian seleksi. Gunakan nilai kecil juga pada pengaturan ini ( sesuikan dengan kontras dan ketajaman gambar ).
  9. Atur Frequency, berfungsi untuk mengatur jumlah titik-titik yang muncul sebagai alur ( jalur, path ) seleksi. Tersedia nila 0 sampai 100, jika ingin lebih detail ( baca: menyerupai gambar ) gunakan nilai 100.
  10. Tablet pressure, berfungsi untuk mengatur tekanan dari stylus, tidak perlu diatur jika Anda menggunakan mouse.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Pada gambar dengan tepian kontras tinggi, misalnya gambar kartun, gunakan nilai Edges Contrast (pada cs 5 sama dengan mengatur contrast ) yang tinggi dan sebaliknya jika gambar agak buram ( blur, kurang tajam dan kontras rendah ) maka gunakan edge contrast rendah juga.
  2. Pada saat proses seleksi, tekan tombol keyboard ] untuk meningkatkan Width sebanyak 1 pixel, tekan tombol keyboard [ untuk memperkecil width sebanyak 1 pixel.
  3. Jika ingin menghapus beberapa titik yang telah terbuat, lakukan dengan menekan tombol Delete yang ada pada keyboard.
  4. Jika ingin menghapus semua titik yang telah dibuat atau mengulang seleksi, tekan tombol ESC yang ada pada keyboard.
  5. Perbesar view Anda dengan zoom in mencapai pandangan yang sesuai dengan kondisi gambar
  6. Kombinasikan Temporer Hand tool ( menekan tombol keyboard space ) kemudian klik drag ke arah seleksi yang dituju dengan delete untuk mencapai titik jalur sehingga hasil seleksi lebih maksimal.

Sebagai latihan Anda bisa lakukan dengan cara download gambar pada link berikut dan praktekkan sehingga mencapai hasil seleksi yang terbaik. Anda bisa mengikuti tips seperti pada gambar di bawah.Tutorial Photoshop Seleksi dengan Magnetic Lasso Tool

Pada bentuk jalur tertentu seperti lekukan panjang tertentu dan garis lurus kita tidak memerlukan titik yang banyak, jadi delete saja. Namu sebelumnya, seperti terlihat pada gambar, sebelum proses delete arahkan mousenya untuk membuat titik baru via klik.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s