Tutorial Photoshop Seleksi Menggunakan Polygonal Lasso Tool

Ilmu Grafis Desain Tutorial PhotoshopSeleksi Menggunakan Polygonal Lasso Tool khusus digunakan untuk membuat seleksi dengan bentuk garis lurus / poligonal. Objek dengan bentuk lurus semisal desain interior, seleksi bentuk bintang intinya hanya cocok digunakan untuk menyeleksi bidang / bentuk yang lurus. Cara seleksi juga mudah, cukup dengan melakukan klik pada satu titik, kemudian klik lagi pada titik di daerah yang lain.

Seleksi photoshop pada dasarnya dibuat berbentuk melingkar ( ada titik awal dan akhir ), entah digunakan untuk membuat garis 1 px atau membuat bentuk tertentu. Sebagai contoh, pada saat menyeleksi wajah, maka tool seleksi tersebut harus melingkari wajah tersebut. Diawali dari dari titik satu dan diakhiri pada titik lainnya yang biasannya titik ini dibuat agar saling mendekati, sehingga area seleksi mirip dengan apa yang diinginkan.

Polygonal Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi dengan cara klik pada satu titik, kemudian klik lagi pada titik di daerah yang lain mengikuti bentuk gambar yang akan diseleksi. Kemudahan menggunakan seleksi ini adalah kita tidak harus selalu menahan mouse untuk membuat seleksi, berbeda dengan seleksi menggunakan Lasso Tool. Beberapa fungsi seleksi yang rumit dan membutuhkan special treatment dilakukan menggunakan tool lain, seperti pada seleksi color range, seleksi channel dan quick selection tool.

Lasso Groups Tool dibagi menjadi di tool, yaitu :
1. Lasso Tool
2. Polygonal Lasso Tool
3. Magnetic Lasso Tool

Tutorial Photoshop Seleksi dengan Polygonal Lasso ToolTutorial Photoshop Seleksi dengan Polygonal Lasso ToolTips:
Pada waktu proses seleksi sedang berjalan, Anda bisa mengubah Polygonal Lasso Tool menjadi lasso tool secara temporer dengan cara menekan tombol ALT dan tahan. Dengan cara ini objek dengan garis lurus dan melengkung masih bisa diseleksi menggunakan.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s