Gelandangan Bersuara Emas

Sudah banyak orang berbakat yang ditemukan oleh internet. Mereka merekam videonya yang menunjukkan bakatnya lalu video itu di-upload ke website jejaring video seperti Youtube. Setelah itu, tunggu peruntungan yang mungkin tak perlu menunggu terlalu lama. Justin Bieber, misalnya, remaja ini kini sudah menemukan kebintangannya di industri musik gara-gara ia meng-uploadvideonya yang menunjukkan kemampuan luar biasanya dalam menyanyi. Lalu sebuah perusahaan rekaman mengontraknya.
Banyak cerita seperti itu, termasuk cerita mantan penyiar radio Ted Williams (54 tahun). Industri radio mengalami masa tidak mengenakkan dalam beberapa dekade belakangan karena kemunculan televisi dan internet. Banyak radio tutup dan tentu saja sejumlah penyiar tercerabut mata pencahariannya. Demikian juga dengan Ted Williams. Sayangnya, Ted tak berhasil menemukan mata pencaharian baru. Nasibnya terpuruk hingga ia hidup menggelandang bertahun-tahun.
Pekan ini, nama Ted menghebohkan dunia maya. Awalnya Ted yang merasa memiliki bakat alam dalam suaranya yang “ngebas”, menawarkan jasa di lampu merah pada pengendara mobil yang berhenti. Ia meminta satu dolar untuk bicara bak penyiar radio sambil mementeng kardus bertuliskan “Saya memiliki suara yang diberkati Tuhan. Saya adalah mantan penyiar radio yang jatuh ke masa-masa sulit. Saya sangat menghargai segala bentuk bantuan yang Anda berikan. Terima Kasih. Tuhan memberkati”.

Koran The Dispatch Colombus, tertarik menuliskan kisahnya dan ingin mendengar langsung suaranya. Maka seorang wartawan merekamnya dalam format video. “Mau satu dolar?” kata wartawan itu ketika melihat Ted. Ted mendekati dan segera bicara bak penyiar radio kenamaan dengan suaranya yang memang oke itu. Video itu kemudian di-upload ke website koran itu. Ratusan ribu orang terpikat dengan aksi Ted. Mereka pun menamai Ted sebagai seseorang yang dikaruniai suara emas. Tak hanya itu mereka juga mencari dukungan agar Ted yang malang ini segera mendapatkan pekerjaan.
Ted yang tinggal di Columbus, Ohio, Amerika Serikat ini akhirnya populer. Ia diliput berbagai media termasuk berbagai stasiun televisi. Ted muncul di TV beberapa kali dan videonya tersebar di berbagai situs internet. Apakah Ted berhasil menemukan pekerjaannya dan terangkat nasibnya dari gelandangan?
Ted ternyata tak hanya mendapatkan tawaran pekerjaan, ia bahkan diperebutkan berbagai stasiun radio yang ingin merekrutnya jadi karyawan tetap. “(Klub basket) The Cleveland Cavaliers menawarkan saya pekerjaan penuh dan sebuah rumah,” kata Ted mengenai tawarannya untuk jadi announcer. Namun klub basket NBA itu masih harus bersaing dengan MTV yang juga menginginkan Ted jadi seorang host. Ia juga ditawari pekerjaan oleh ESPN, NFL Films, dan sebagainya.

Selain itu Ted juga sibuk diwawancarai berbagai media, termasuk acara talkshow di televisi yang menarik minat banyak orang. Malam tadi (5 Januari 2011), hanya 24 jam sejak videonya ditayangkan di internet, Ted tampil di TV CBS. Ia tak gondrong lagi seperti di lampu merah tempo hari. Ia kini tampil dengan rambut pendek yang rapi dan berdasi serta dibalut sweater yang membuat banyak orang tak menyangka jika ia sehari kemarin masih jadi gelandangan. Internet telah membawa seorang gelandangan berbakat menjadi bintang dalam waktu semalam! Ted akhirnya memilih bekerja di The Cleveland Cavaliers. Disebut-sebut ia mendapatkan gaji US$ 10.000 atau sekitar Rp 90 juta. Luar Biasa!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s