Yoichi yang Melahirkan Kapten Tsubasa

Hari ini Kapten Tsubasa berulang tahun? Meski hari ini banyak penggemar sepak bola di dunia yang mengingat “Sang Kapten”, bukan karena tokoh rekaan itu merayakan hari jadinya. Yang berulang tahun adalah Yoichi Takashi, seorang mangaka (pembuat manga/kartun khas Jepang) yang membuat karakter Kapten Tsubasa.
Yoichi lahir di Tokyo pada 28 Juli 1960. Selain dikenal sebagai pembuat komik, ia juga penulis novel, dan penulis buku seni. Ciri khasnya memang komik olahraga. Dan karena itulah ia memiliki basis penggemar di kalangan pencinta olahraga, terutama sepak bola.


Tokoh rekaan Kapten Tsubasa yang ia buat memiliki penggemar hingga para pemain sepak bola dunia, dan itu tak hanya di Jepang. Pemain top Juventus, Alessandro del Piero, terinspirasi menekuni sepak bola karena menggembari Kapten Tsubasa. Begitupun dengan Zinedine Zidane, Francesco Totti, Fernando Torres, serta pemain yang baru ditransper ke Barcelona, Alexis Sanchez. Barcelona bahkan menetapkan Kapten Tsubasa sebagai duta klub untuk Jepang karena dalam ceritanya Kapten Tsubasa bermain di Barcelona.
Kisah Kapten Tsubasa dimulai pada tahun 1981 ketika majalah komik mingguan Shonen Jump mempublikasikan seri pertama komik Tsubasa berjudul “Captain Tsubasa” (Kapten Tsubasa). Serial ini mendapat sambutan dari pembacanya hingga kontraknya diperpanjang. Kemudian tahun 1986, penerbit itu membuat buku komik komplet Kapten Tsubasa yang juga laris.
Laris di Jepang, segera merembet ke luar negeri. Komik ini pun mendapat sambutan luar biasa di luar Jepang, terutama di negara-negara yang kuat basis sepak bolanya. Terlebih-lebih sejak ada versi film kartunnya yang sudah mulai digagas tahun 1983.
Sukses dengan Kapten Tsubasa, Yoichi menggarap manga olahraga lain. Tahun 1988 ia meluncurkan 100 M Jumper, yang bertema atletik. Tahun 1989 meluncurkan Ace yang bertema baseball.

Sudahkah Anda pernah menikmati karya Yoichi Takahashi-sensei?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s