Napoleon Hill; Penemu Hukum Kesuksesan

“Whatever your mind can conceive and believe, it can achieve.” – Napoleon Hill

Napoleon Hill

Ia telah membuktikan ucapannya sendiri melalui kisah hidupnya bersama anaknya Blair yang terlahir tanpa telinga dan tanpa organ pendengaran sama sekali. Dokter yang ditanya mengatakan bahwa Blair tidak akan bisa mendengar dan berbicara seumur hidupnya. Namun tidak demikian bagi Hill. Ia membantah habis-habisan pendapat sang dokter.

Melalui keyakinan yang kuat dalam hatinya, Hill bersikukuh untuk membuat anaknya bisa mendengar seperti halnya manusia normal lainnya. Ia meyakinkan diri dan istrinya bahwa anak mereka adalah anak yang normal. Blair akan bisa mendengar dengan cara apapun.

Maka setiap saat ia bersama sang anak, tanpa putus asa Hill selalu membisikkan keyakinannya itu kedalam pikiran sang anak meski tanpa respon sama sekali. Untuk sekian tahun selama hidupnya, keyakinan Hill tak menunjukkan indikasi apa-apa.
Hingga pada suatu ketika, anak itu sedikit demi sedikit memperlihatkan kemajuan. Hill menemukan bahwa Blair ternyata senang dengan piringan hitam pemutar musik. Namun Hill belum mengerti waktu itu, bahwa tulang manusia ternyata bisa mengantarkan getaran suara ke otak. Perlahan Blair bisa mengerti sepotong-sepotong kata yang dibisikkan melalui tulang mastoiddi pangkal otaknya. Penemuan itu membuat Hill memiliki media untuk semakin menanamkan keyakinannya kepada sang anak.Ini terjadi selama belasan tahun. Singkat cerita ketika memasuki masa kuliah, sebuah keajaiban mendatangi Blair. Setelah beberapa kali, Sebuah perusahaan yang bergerak pada produksi alat bantu pendengaran, mengirimkan sampel produk mereka padanya untuk di uji coba. Blair tidak begitu antusias mencobanya sebab pernah dikecewakan alat serupa sebelumnya. Namun kali itulah keajaiban itu terjadi. Tiba-tiba untuk pertama kalinya Blair bisa mendengar seperti layaknya manusia normal lainnya.

Betapa senang hatinya, Ia kemudian buru-buru menelpon ibunya. Dan anda sudah tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Saya tidak begitu pandai menyusun cerita narasi, hingga saya menyarankan untuk membaca buku Think and Grow Rich untuk mendapat inspirasi dan cerita Hill dan Blair secara lengkap. Intinya, melalui Hasrat keyakinan yang begitu kuat dan gigih, alam (baca: Tuhan) memberikan cara tersendiri untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.
Napoleon Hill, lahir dalam kemiskinan di sebuah kabin kecil dalam sebuah rumah di Wise County, Virginia. Ibunya meninggal ketika ia berumur 10 tahun, dan ayahnya menikah lagi dua tahun kemudian.Kisah Hidupnya

Hill adalah anak yang pemberontak semasa kecilnya, hingga ia menjadi dewasa. Ia pertama kali bekerja sebagai penulis dan editor di salah satu majalah lokal. Gaji sebagai penulis ia gunakan untuk biaya kuliah di sekolah hukum. Namun akhirnya berhenti sebab alasan finansial.
Titik balik kehidupannya kemudian terjadi ketika bertemu dengan Andrew Carniege. Seorang Millionaire dari US steel Corp kala itu. Mr. Carniege begitu tertarik dengan kepribadian Hill. Ia kemudian memberikannya pekerjaan berupa sebuah proyek untuk mewawancarai lebih dari 500 tokoh-tokoh sukses Amerika untuk mengetahui rahasia kesuksesan mereka. Dan menuliskannya dalam sebuah buku sukses, untuk bisa digunakan oleh siapapun.
Hill kemudian menerima tantangan Tuan Carniege, Ia menghabiskan 25 tahun untuk mewawancarai tokoh-tokoh millionaire seperti Thomas Edison, Alexander Graham Bell, George Eastman, Henry Ford, Elmer Gates, John D. Rockefeller, Sr., Charles M. Schwab, F.W. Woolworth, William Wrigley Jr., John Wanamaker, William Jennings Bryan, Theodore Roosevelt, William H. Taft dan Jennings Randolph. Hill pun sukses menjadi penasehat dua presiden Amerika Woodrow Wilson and Franklin Delano Roosevelt.
Dari sana Hill kemudian sukses menulis buku-buku kesuksesan yang best selling sepanjang masa, di antaranya Think and Grow Rich yang terjual 15 juta kopi sejak pertama kali diterbitkan, The law of Succes, The Magic Ladder to success, Success Through Positive Mental Attitude, The Master-key to riches dll. Semuanya merupakan buku-buku motivasi kesuksesan.Think and Grow Rich, hingga kini masih menjadi best seller di seluruh penjuru dunia. Buku ini pun menjadi sixth best-selling paperback business book 70 years after it was first published dalam daftar BusinessWeek Magazine’s Best-Seller List. Dan dimasukkan dalam daftar “must read book” oleh John C. Maxwell dalam bukunya A lifetime.

Yang saya sukai dalam buku Think and Grow Rich ini sebagai seorang muslim, dalam cetakan pertamanya Hill menuliskan kisah Nabi Besar Muhammad SAW dalam bab kegigihan. Ia menggambarkan Muhammad sebagai pemimpin dunia yang luar biasa.Namun sangat disayangkan, dalam edisi revisinya kisah Nabi Muhammad ini dihilangkan oleh sang editor.

Akhirnya Napoleon Hill meninggal pada november 1970 setelah kesuksesannya sebagai penulis, motivator, pengajar prinsip-prinsip kesuksesan. Oh ya, Anda punya cerita tentang Napoleon Hill??

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s